Biaya Pendirian PT


Biaya Pendirian PT


Mendirikan suatu PT tentu membutuhkan biaya meskipun besar kecilnya tetap relatif karena bisa saja disaat seseorang menganggap biaya itu terjangkau, mungkin ada pihak lain yang menganggap biayanya terlalu tinggi. Besar ataupun kecil, yang diperlukan dalam Biaya Pendirian PT tentu saja adalah kepastian mengenai kisarannya. Hal ini berguna agar seseorang atau bahkan anda bisa mengestimasikan perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendirikan suatu PT yang berbadan hukum dan legal.

Syarat dan ketentuan untuk mendirikan PT memang sudah diatur dalam UU. Modal dasar yang harus dimiliki untuk mendirikan PT adalah minimal sebesar Rp 50.000.000. Selain itu, minimal modal yang harus disetor ke kas perseroan perharinya adalah 25% dari minimal modal dasar. Setelah mengestimasi biaya modal menjalankan PT, anda juga akan dihadapkan dengan biaya pendirian PT itu sendiri.

Biaya Mendirikan PT

Biasanya banyak yang mengeluhkan bahwa biaya untuk mendirikan PT sangat mahal terutama saat hendak ingin menggunakan jasa notaris. Namun seorang notaris biasanya mematok harga sesuai dengan skala PT itu sendiri. Misalnya PT kecil diharuskan membayar 5 juta. Untuk PT menengah dikenakan biaya 6.5 juta dan 8 juta untuk skala PT besar. Intinya, semakin besar PT yang didirikan maka semakin besar biaya jasa sewa notaris.

Banyak juga yang menyarankan untuk mengurus sendiri hal-hal yang dibutuhkan untuk mendirikan PT. Mulai dari mengurus akte perusahaan, SK domisili usaha, NPWP, dsb. Namun hal tersebut tentu kurang praktis dan pada prakteknya pun hal ini mengharuskan anda untuk kesana kemari mengurus satu dan lain hal. Namun sebenarnya kebijakan tentang Biaya Pendirian PT sudah diatur oleh presiden untuk membuat prosedurnya cepat dan low-cost.

Berikut biaya pengurusan PT:
•Tarif untuk pemesanan dan penetapan nama perusahaan adalah Rp 200.000 dan pengurusannya bisa diselesaikan dalam 2 hari kerja saja.
•Tarif pembuatan akte pendirian usaha dikantor notaris adalah sebesar Rp 1.000.000 dan seharusnya bisa diselesaikan dalam waktu 1 hari kerja saja.
•Tarif pengesahan akte pendirian usaha di kantor kementrian hukum dan HAM adalah sebesar Rp 1.000.000 dan bisa selesai dalam waktu 1 hari kerja.

Untuk pembuatan SIUP, TDP, BPJS, Pendaftaran Perusahaan di Disnaker, NPWP, VAT, dan NPPKP tidak memerlukan biaya. Maka jika ditotal, biaya untuk mendirikan PT jika dilakukan sendiri sekitar dua juta lebih. Bagi anda yang ingin tahu beres semuanya maka hal tersebut bisa diurus oleh notaris. Anda tidak perlu kesana kemari mengurus surat-surat dan syarat dan hanya tinggal menunggu hasilnya. Namun tentu saja biaya yang dikeluarkan akan lebih tinggi dibanding dengan anda melakukannya sendiri. Jadi, sebenarnya Biaya Pendirian PT itu relatif tergantung dari cara anda mengekesekusinya apakah sendiri atau dengan batuan notaris.

 
 

 

Lorem ipsum dolor sit amet enim. Etiam ullamcorper. Suspendisse a pellentesque dui, non felis. Maecenas malesuada elit lectus felis, malesuada ultricies.