Pendirian PT


Tata Cara Pendirian PT


Mendirikan suatu PT atau Perseroan Terbatas tidaklah sesulit yang dikira. Meskipun memang harus melalui prosedur yang cukup panjang, namun Pendirian PT sangat mungkin dan memang bisa dilakukan oleh para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Perseroan Terbatas sendiri merupakan suatu badan hukum yang menjalankan usaha. Usahanya sendiri terdiri dari saham yang setiap pemiliknya bisa memiliki saham tersebut sesuai bagiannya. Saham tersebut tentunya bisa diperjualbelikan dan hal tersebut tidak mempengaruhi jalannya perusahaan meskipun saham dipindahtangankan. Selain saham, obligasi juga merupakan modal suatu PT yang berharga.

Lalu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk pendirian PT?
Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika anda hendak mendirikan suatu PT, yaitu sebagai berikut:

  • Foto kopi KTP para pemegang saham serta pengurus harus dilampirkan dengan jumlah minimal 2 orang.
  • Fotokopi KK dari penanggung jawab atau dalam hal ini disebut juga dengan Direktur.
  • NPWP penanggung jawab
  • 2 lembar pas foto penanggung jawab berukuran 3x4
  • Fotokopi PBB domisili perusahaan tahun terakhir.
  • Fotokopi surat kontrak atau sewa menyewa jika domisili perusahaan adalah sewaan.
  • Surat keterangan domisili yang didapat dari pengelola gedung yang dipakai sebagai gedung kantor.
  • Surat RT/RW dibutuhkan juga bila usaha dijalankan disuatu perumahan.
  • Foto kantor dari depan dan dalam dengan disertakan gambar suatu ruangan yang berisi peralatan kantor seperti meja kursi dan karyawan.
  • Siap untuk dilakukan survey.

Pendirian PT juga diatur dalam UU No.40 tahun 2007. Selain itu, untuk memudahkan anda kami berikan informasi mengenai prosedur mendirikan PT agar tidak bingung dengan tata caranya.

Pertama anda perlu membuat akte perusahaan karena perusahaan sendiri harus berbadan hukum. Dalam akte tersebut akan dicantumkan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan seperti nama, jenis usaha, modal, identitas pemilik modal, dsb.

Kedua, anda perlu mendapatkan surat keterangan domisili usaha. Caranya anda harus memiliki salinan akte perusahaan. Kemudian nanti diserahkan pada kelurahan. Jika tempat usaha merupakan sewaan maka anda harus menyertakan surat perjanjian sewa menyewa.

Ketiga, anda harus mengurus NPWP. Untuk mendapatkannya anda harus menyertakan surat keterangan domisili dan salinan akte perusahaan.

Keempat, anda harus mendapatkan SK pengesahan akte pendirian perusahaan yang didapat dari Departemen Hukum dan HAM.

Kelima, anda perlu mengurus Surat Ijin Usaha Perdagangan. Dan terakhir anda perlu mengurus TDP atau Tanda Daftar Perusahaan.

         Pastikan anda mengikuti setiap prosedurnya dengan benar. Pendirian PT bukanlah hal yang sembarangan karena ia berbadan hukum dan mempunyai kekuatan hukum. Untuk mendapatkan semua syarat yang harus dipenuhi memang tidak gratis namun biaya yang dibutuhkan tidak akan sampai menguras kantong anda.

 
 

 

Lorem ipsum dolor sit amet enim. Etiam ullamcorper. Suspendisse a pellentesque dui, non felis. Maecenas malesuada elit lectus felis, malesuada ultricies.



Pick & leave your cars enywhere
and any time you want

Pellentesque facilisis. Nulla imperdiet sit amet magna. Vestibulum dapibus, mauris nec malesuada fames ac turpis velit.