Surat Keterangan Domisili


Surat Keterangan Domisili


Tidak sedikit yang belum mengetahui apa itu Surat Keterangan Domisili (SKD) atau SKD. Ia merupakan surat yang menyatakan domisili baik seseorang atau badan usaha. Surat keterangan ini biasanya akan sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis karena surat keterangan ini berhubungan dengan beberapa persyaratan yang berkaitan dengan usaha. Ia akan dibutuhkan untuk mengajukan pembuatan NPWP, SIUP, dan lain-lain. Sehingga dalam fungsinya Surat Keterangan Domisili ini tidak begitu krusial dan tidak mengapa jika seseorang tidak memilikinya. Namun ia akan menjadi sangat penting jika ingin mengurus berbagai perizinan khususnya dibidang usaha.

Lalu untuk apa sebenarnya Surat Keterangan Domisili itu?

Surat Keterangan Domisili ini seringkali dan memang dibutuhkan sebagai bukti yang menguatkan bahwa seseorang menjalankan usaha secara legal. Sehingga Surat Keterangan Domisili itu merupakan hal yang penting untuk membangun kepercayaan antara pengusaha dengan partner dan kliennya. Sehingga meskipun sekilas nampak tidak begitu dibutuhkan namun ternyata perannya cukup penting karena ia berhubungan erat dengan aspek lainnya dalam usaha.
Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Surat Keterangan Domisili akan dibutuhkan dalam pengajuan persyaratan lain untuk menjalankan usaha seperti pembuatan NPWP. Pembuatan Surat Keterangan Domisili sendiri bisa dilakukan sendiri ataupun diwakilkan dengan notaris jika memang tidak memiliki waktu. Sedangkan untuk biaya yang dibutuhkan, sebenarnya pembuatan Surat Keterangan Domisili ini sama sekali tidak dipungut biaya. Namun biasanya kita tetap harus mengeluarkan sejumlah uang agar proses pembuatan bisa lebih cepat.

Bagaimana dengan prosedur permohonan SKD di Jakarta?
Sebenarnya dalam prosedur pembuatan Surat Keterangan Domisili (SKD) sama saja dimanapun juga. Sebelum mengajukan permohonan pembuatan SKD, penuhi terlebih dahulu berkas persyaratan yang harus ada seperti Fotokopi KTP, Fotokopi PBB, serta Fotokopi akta pendirian perusahaan. Setelah semua persyaratan terpenuhi, maka selanjutnya melakukan prosedur seperti berikut:

  • Meminta surat pengantar pembuatan SKD dari RT setempat. Tentu saja dalam meminta surat pengantar ini, semua berkas persyaratan harus juga dibawa ditambah dengan sumbangan sukarela.
  • Lanjutkan dengan meminta surat pengantar dari RW setempat. Siapkan lagi sumbangan sukarela yang harus kita berikan.
  • Setelah itu surat pengantar dari RT dan RW serta persyaratan lain yang telah disiapkan dibawa ke kelurahan. Disana kita akan mengisi sejumlah formulir dan permintaan akan di proses. Ia akan selesai dalam beberapa hari tergantung dari pihak kelurahan.

Beberapa orang yang hendak menjalankan bisnis besar mungkin mewakilkan pembuatan SKD ini pada notaris. Namun sebenarnya hal tersebut dirasa kurang perlu karena proses yang dibutuhkan dalam pembuatan SKD ini tidaklah sulit. Biaya yang dibutuhkan saat kita mengajukan sendiri pembuatan Surat Keterangan Domisili (SKD) juga akan lebih hemat dibanding menyewa jasa notaris. Itulah sekilas tentang SKD, fungsi serta prosedur pembuatannya.

 
 

 

Lorem ipsum dolor sit amet enim. Etiam ullamcorper. Suspendisse a pellentesque dui, non felis. Maecenas malesuada elit lectus felis, malesuada ultricies.



Pick & leave your cars enywhere
and any time you want

Pellentesque facilisis. Nulla imperdiet sit amet magna. Vestibulum dapibus, mauris nec malesuada fames ac turpis velit.