Syarat Mendirikan CV


Syarat Mendirikan CV


Syarat mendirikan CV sebenarnya tidak jauh beda dengan syarat pendirian PT. Hanya saja, CV tidak perlu mengesahkan nama perusahaan ke Mentri Hukum dan HAM. Lalu apa itu CV? CV merupakan kependekan dari Comanditaire Venootschap. Ia merupakan badan usaha untuk melakukan kegiatan usaha dengan jumlah modal terbatas. Berbeda dengan PT yang harus memiliki modal minimal 50 juta, suatu CV bisa didirikan tanpa minimal modal. Sehingga CV cocok untuk para pengusaha pemula.

Selain itu, suatu PT adalah usaha yang berbadan hukum sedangkan CV tidak berbadan hukum karena ia hanya didaftarkan di pengadilan negeri bukannya di kementrian hukum dan HAM. CV minimal didirikan oleh 2 orang. Satu orang bertindak sebagai persero aktif atau disebut dengan Direktur dan mengurusi berbagai hal dan merupakan penanggung jawab jika ada kerugian maka ia harus menggantinya bahkan dengan harta pribadinya jika memang ada tuntutan dari pihak ketiga. Satu orang lainnya bertindak sebagai persero komanditer atau persero pasif yang hanya bisa bertanggung jawab hanya sesuai dengan modal yang ia setor ke perusahaan.

Biaya Mendirikan PT

Berikut syarat mendirikan CV:

  • Fotokopi KTP pendiri minimal 2 orang
  • Fotokopi KK Direktur
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi bukti kepemilikan penggunaan tempat usaha seperti surat kontrak atau fotokopi bukti pelunasana PBB tahun terakhir.
  • Pas foto 3x4 sebanyak 4 lembar dengan latar belakang warna merah

Jika perusahaan ingin lebih luas cakupannya sehingga memerlukan tender di instansi pemerintahan maka bisa menambah persyaratan lainnya seperti :

  • PKP atau surat pengukuhan pengusaha kena pajak
  • SIUP atau surat ijin usaha perdagangan
  • TDP atau tanda daftar perseroan
  • Keanggotaan di KADIN Jakarta

Namun persyaratan tersebut tidak mutlak dan jika perusahaan anda tidak memerlukan tender di instansi pemerintahan maka persyaratan dasar seperti yang telah disebutkan sebelumnya sudah mencukupi.

Mengapa CV banyak dipilih sebagai alternatif dari PT?
Baik CV maupun PT bisa didirikan asalkan memenuhi persyaratan. Namun CV lebih cocok untuk didirikan mereka yang masih memiliki modal kecil sehingga tidak memberatkan. Yang menjadi kelebihan CV adalah nama perusahaan tidak harus selalu beda dengan CV lain. Selain itu, tidak perlu adanya pengesahan dari Kementrian hukum dan HAM. Namun perlu diingat bahwa CV memiliki harta kekayaan yang tidak terpisah dengan pemiliknya.
Berbeda halnya dengan PT yang memiliki harta kekayaan terpisah dari para pemiliknya. Maka dalam hal CV, jika terjadi kerugian maka Direktur harus bertanggung jawab terhadap tuntutan pihak ketiga. Bahkan kerugian tersebut bisa melibatkan harta pribadi. Itulah syarat mendirikan cv yang sebenarnya tidak begitu berbeda dari PT. Menjalankan suatu usaha dan mengembangkannya memang suatu keharusan agar usaha tidak jalan ditempat dan semakin besar.

 
 

 

Lorem ipsum dolor sit amet enim. Etiam ullamcorper. Suspendisse a pellentesque dui, non felis. Maecenas malesuada elit lectus felis, malesuada ultricies.



Pick & leave your cars enywhere
and any time you want

Pellentesque facilisis. Nulla imperdiet sit amet magna. Vestibulum dapibus, mauris nec malesuada fames ac turpis velit.